Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan hasil pencarian pada search engine. Seperti anda tahu, bahwa jika seseorang menggunakan search engine (misalnya google) maka setelah ia memasukkan keyword (kata kunci) maka akan muncul hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang ia inginkan. Nah, dengan metode SEO ini, anda akan mampu menempatkan website anda di peringkat atas. Minimal di halaman pertama hasil pencarian Search Engine.
Cara Mengoptimalkan Website
SEO memiliki 2 bagian untuk mengoptimalkan website. Yang pertama adalah Onpage Optimization atau Optimasi didalam. Optimasi di dalam halaman meliputi penggunaan aneka tag HTML yang mendukung pencarian search engine. Tag-tag yang dipergunakan meliputi header, image, title dan juga pemilihan text yang tepat untuk setiap halaman. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa langsung menuju pelajaran yang tersedia.
Title Tag Optimization adalah salah satu hal yang paling penting dalam proses optimasi search engine (SE). Kebanyakan SE dan direktori menjadikan Title Tag sebagai hal yang paling penting dalam merangking website. Hal ini juga penting sebagai judul dalam hasil pencarian search engine. Berikut ini cara mengoptimalkan title tag :
1. Semua halaman di websitemu harus memiliki title tag yang unik
2. Title tag harus ditempatkan langsung dibawah tag
3. Sertakan 1-2 keyword penting di title tag
4. Gunakan hanya keyword dan kalimat yang ada di isi halaman
5. Title tag harus berupa kalimat yang mudah dibaca
6. Jangan meletakkan 2 keyword yang sama dalam judul
7. Jangan meletakkan keyword yang sama secara berdampingan. Ini akan dianggap spam oleh SE
8. Mempertimbangkan penggunaan kedua-duanya bentuk tunggal dan bentuk jamak dari kata kunci yang penting di title tag
9. Judul hendaknya sepanjang 60-90 karakter termasuk spasi
10. Tempatkanlah keyword utama sebagai awal judul
11. Hindari menggunakan koma an gunakan karakter '|' untuk mengganti koma
12. Jangan terlalu sering mengubah judul
Body text sangat penting dalam mengoptimalkan pencarian. Body text ditampilkan oleh SE di hasil pencarian mereka. Ini digunakan SE untuk menentukan inti sebuah web dan merangkingnya. Ini meliputi semua isi dokumen termasuk text, gambar, warna, grafik, tabel,dll.
Body text adalah text di halaman web yang berada diantara tag dan
Tips untuk mengoptimalkan Tag Body
1. Tempatkan semua keyword di body text
2. Cobalah menempatkan keyword utama di awal body
3. Keyword anda haruslah 3-6% dari seluruh text. Ini berarti 3-6 keyword per 100 kata.
4. Jangan menggunakan text yang memiliki warna yang sama dengan background. Ini dianggap sebagai "text tak terlihat" oleh SE dan situs kamu akan di black list karena ini.
5. Jangan menggunakan frame untuk halaman anda. SE membenci frame. Jika kamu terpaksa menggunakannya, maka gunakan tag .
6. Tempatkanlah keyword yang digunakan di judul ke dalam body text
7. Jangan meletakkan keyword yang sama berdekatan, hala ini akan dianggap sebagai spam oleh SE
8. Jangan menggunakan text yang sangat kecil atau link di halamanmu
9. Cobalah menyertakan keyword dalam bentuk tebal atau miring
10. Sertakan fungsi javascript dan CSS di file yang berbeda
11. Update isi body yang penting secara teratur. Ikutilah langkah-langkah di atas untuk mengoptimalkan body textmu.
12. Buatlah halaman layoutmu tetap sederhana.
Keyword Research berarti menemukan keyword yang tepat untuk websitemu dan akan membawa pengunjung yang banyak ke website melalui search engine. Memilih keyword yang paling sesuai untuk sebuah website sangatlah penting. Keyword terpilih akan digunakan selama proses optimalisasi untuk meningkatkan rangking website. Berikut ini tips dan trik Keyword Research:
1. Gunakan Keyword Selector Tool atau Good Keyword (gratis) untuk menemukan keyword yang tepat. Ketikkan saja keyword anda dan dia akan menunjukkan pencarian yang telah dilakukan selama sebulan terkait dengan keyword tersebut
2. Lihat jumlah hasil di google untuk keywordmu dan pilih keyword yang sering digunakan untuk mencari dan sedikit hasilnya.
3. Pilih keyword yang populer namun sedikit pesaing
4. Gunakan kalimat keyword yang spesifik dibanding keyword tunggal. Sebagai contoh, akan lebih baik menggunakan "permen coklat" daripada "permen"
5. Pilihlah keyword yang relevan dan unik untuk setiap halaman web.
6. Hindari penggunakan kata sambung seperti di, dan, adalah, apa, a, ca, are, be, dll. karena kata tersebut akan diabaikan oleh kebanyakan SE
7. Pertimbangkan untuk menggunakan bentuk jamak dan tunggal untuk keyword
8. Cobalah menggunakan domain yang mengandung keyword utama. Sebagai contoh, jika keyword utamamu "kursus komputer online", maka gunakanlah kursuskomputeronline.com atau kursusonline.com atau domain lain yang berisi keyword utamamu
9. Gunakan keyword salah eja dimana itu akan membawa lebih banyak kunjungan. Gunakan Misspelled Keyword Generator untuk mencari keyword salah eja yang berhubungan dengan keywordmu.
10. Pilih keyword yang bisa disatukan dengan judul dan body halamanmu
Link Populary adalah jumlah website yang melakukan link ke websitemu. Link yang datang tak hanya meningkatkan jumlah pengunjung namun juga meningkatkan rangking websitemu di SE. Link building juga memiliki tempat yang sangat penting dalam proses mengoptimalkan Search Engine. Link Building Tips
1. Semakin banyak link berkualitas dari situs yang relevan, maka semakin baik rankingmu dan semakin banyak trafik didapat. Maka, cobalah membangun link dengan website bagus yang relevan
2. Link berkualitas dari situs dengan rangking tinggi akan memberi lebih banyak daripada link banyak dari situs dengan rangking rendah. Maka anda harus mencoba melakukan hubungan dengan webmaster web berkualitas daripada dengan 100 website yang tak berkualitas.
3. Link dari situs ke situs haruslah berupa text, bukan gambar. Gunakan salah satu keyword utama anda. Itu akan meningkatkan rangking SE anda untuk kata tersebut.
4. Buatlah program pertukaran link di website anda. Itu akan meningkatkan link
5. Pastikan halaman link anda terlink dan terlihat di halaman utama.
6. Jika anda memberikan link ke partner pertukaran, pastikan untuk memberikan format sebagai berikut :
Kalimat Keyword
7. Hubungi pemilik website lain yang berhubungan untuk mendiskusikan pertukaran link
8. Cobalah untuk membuat deskripsi link secara singkat
9. Jangan melakukan pertukaran link dengan situs yang tak berhubungan dengan websitemu.
10. Cek pagerank setiap website yang anda link. Anda harus melink website yang bagus saja dan memiliki rangking bagus dan telah online lebih dari 6 bulan.
11. Submit ke direktori yang bagus yang memiliki pagerank bagus (harus lebih dari 4) dan telah online lebih dari 1 tahun.
12. Cari Google dengan menggunakan keyword utamamu. Cek 10 website teratas di hasil pencarian untuk melihat apakah ada kesempatan untuk melakukan pertukaran link dengan website ini.
Mengoptimalkan Hyperlink dapat meningkatkan rangking di search engine. Jika kamu melakukan link ke suatu halaman, SE akan memberi perhatian spesial pada kata yang kamu gunakan di dalam link tersebut. SE biasanya mencari kata kunci di link dan mempertimbangkan text pengait dari link yang datang untuk merangking halaman. Ini adalah salah satu aspek penting dalam SEO.
Tips untuk Optimasi Text Link
1. Gunakan text deskriptif pada semua text link. Contohnya, jika keywordmu Webmaster Resource, maka gunakan "webmaster resource" sebagai ganti home.
2. Anda harus menggunakan kalimat kunci di dalam link itu sendiri dan mungkin juga disekitar link
3. Gunakan kata/kalimat kunci yang menggambarkan target halaman
4. Gunakan maksimum 40-50 karakter di dalam text link
5. Buatlah text link dan gunakan menu navigasi umum untuk semua halaman.
6. Cobalah menggunakan kalimat kunci sebagai nama file html atau gambar. Misalnya kalimat kuncinya "website resource", maka gunakan sebagai nama file menjadi "website-resource.html" atau "website-resource.gif"
7. Hindari menggunakan link javascript karena tak terbaca oleh SE
8. Pastikan halaman di websitemu terhubung satu sama lain, terutama home.
9. Jangan mengulang link di seluruh halaman
10. Website flash harus memiliki text link di bawah halaman sebagai tambahan navigasi flash
Header Tag Optimization adalah bagian yang penting dalam SEO. Header tag digunakan oleh SE untuk mengenali isi website. Algoritma SE menggunakan formula rangking yang memberi titik berat pada keyword yang digunakan di header text. Ini didefinisikan dengan tag
hingga
.
didefinisikan dengan heading terbesar.
didefinisikan dengan heading terkecil.
menjadi pertimbangan yang paling penting dan
memiliki kepentingan yang lebih kecil didalam SEO.
Tips untuk mengoptimalisasi Header Tag untuk SE :
1. Gunakan 2-4 header tags
,
,
,
2. di setiap halaman website Tag ini harus mengandung keyword yang spesifik bersama dengan text dekriptif yang relevan dengan isi halaman
3. Cobalah untuk menyertakan kalimat kunci yang paling penting di header tags jika bisa
4. Letakkan kata kunci utama di tag
5.
menjadi pertimbangan utama dan
yang paling kecil. Maka tempatkan keyword sesuai tempatnya. Tag
untuk keyword paling utama,
yang lebih rendah dan
6. lebih rendah lagi. Begitu seterusnya. Tempatkan keyword dimana ia terkandung di dalam text di bawah header saja.
7.
harus ditempatkan sedekat mungkin dengan tag di halamanmu.
No comments:
Post a Comment